Distributor Silica Sand Bandung

Distributor Silica Sand Bandung Pasir kuarsa ialah batu kuarsa yg struktunya runtuh menjadi granul kecil-kecil akibat erosi dan abrasi air & angin setelah waktu yg panjang. Pasir kuarsa yg dijual digunakan sebagai proppant dalam bidang pemulihan minyak dan gas alam. Pasir kuarsa ini juga digunakan oleh berbagai bidang industri untuk membuat keperluan sehari-hari seperti kaca, material konstruksi, produk perawatan diri, atau elektronik.

Distributor Silica Sand Bandung

Pasir industrial ialah istilah yang biasa disematkan Distributor Silica Sand pada pasir kuarsa yg memiliki tingkat kemurnian sangat tinggi dan diseragam-seragamkan ukurannya. Produk pasir kuarsa ini lebih presisi dibandingkan semen biasa ataupun gravel aspal.

Silika (SiO2) ialah rumus kimia yg diberikan pada grup mineral yg terdiri hanya dari silikon dan oksigen. Di alam, pasir kuarsa ditemukan umumnya dalam bentuk kristalin. Ada juga yg ditemukan dalam bentuk amorf akibat kondisi iklim atau fosilisasi plankton. Deposito pasir kuarsa biasanya berada di tambang permukaan, meskipun ada juga yg di dalam tanah.

Untuk aplikasi industri dan manufaktur, minimal kemurnian kuarsa mencapai 95%. Sifat kuarsa ialah keras dan inert secara kimiawi. Silika juga memiliki titik lebur yg tinggi hingga 1.600oC, sangat tinggi, dimana titik lebur ini lebih tinggi dari titik lebur kebanyakan logam seperti besi, emas, tembaga, dan perak.

Pasir kuarsa digunakan juga dalam pembuatan kaca standar dan khusus. Pasir kuarsa ialah komponen yg esensial dalam formulasi kaca, dan kemurnian kimianya ialah kunci utama dalam menentukan warna kaca yg dihasilkan. Pasir industri digunakan dalam memproduksi kaca datar untuk penggunaan gedung dan bangunan, toples makanan dan tempat minuman, serta peralatan makan. Pasir kuarsa juga digunakan dalam produksi fiberglas, seperti tabung reaksi, lampu floresen, televisi, dan monitor komputer CRT.

Kegunaan Silica Sand

Secara ringkas kegunaan Pasir Silika :

  1. Pada pengolahan air untuk penjernihan dengan menyerap lumpur, tanah, sedimen (mesh 4-30, range: 4-6, 8-16, 16-30)
  2. Pada industri bahan abrasit yaitu amplas/sand blasting (mesh 8-30, 16-30)
  3. Bahan utama industri bentuk silika tepung/silika flour (mesh 50-2500 umumnya mesh 100,150,200,300,325) yaitu untuk gelas/kaca (SiO2>95%, mesh 200-325), semen (SiO2=21,3%, mesh 200-325), tegel/mosaik/keramik (pembentuk sifat licin/mudah dibersihkan, mesh 200-325), fero silikon, silikon carbide, mikrochip/elektronika (ukuran nano silika)
  4. Bahan baku ikutan/campuran dalam industri cor/precast (ukuran mikro silika), perminyakan/pertambangan (mesh 200-325), bata tahan api (refraktori,mesh 200-325)
  5. Lapangan futsal (mesh 8-16), Landscapping (mesh 60-100)
  6. Bahan campuran sebagai bahan pengeras pada industri karet/ban/cat (ukuran nano silika), gerinda
  7. Untuk keperluan tertentu kami menyediakan berbagai ukuran mesh sesuai permintaan.

Manfat Silica Sand Dalam Industri Beton

Dalam bidang bahan bangunan silika juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan beton aerasi ringan yang banyak dimanfaatkan dalam konstruksi bangunan yang ringan namun kuat karena memiliki keakurasian ukuran dan juga sudut yang tepat untuk bangunan.

Selain itu di dalam industri beton silica juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk membuat tiang beton, pembatas jalan, dan juga saluran air. Sebelumnya berbagai macam produk beton tersebut memanfaatkan batu pecah atau kerikil. Namun ternyata dengan penggunaan pasir dari silika justru butiran kristal dari pasir ini dapat semakin memperhalus tekstur beton dan membuatnya nampak lebih padat sehingga lebih banyak disukai banyak pihak.